Review Asus ROG Phone 5

Review Asus ROG Phone 5Review Asus ROG Phone 5 merupakan salah satu ponsel terkuat yang memang di rakit dan di desain untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Dari depan, saat ponsel dimatikan, tidak banyak yang terlihat dari Asus ROG Phone 5 baru. Namun di bagian belakang, ketika logonya menyala kontras dengan pola dot-matrix hitamnya dengan hot pink ’80-an sorotan punk rock, Anda tidak bisa tidak memperhatikan. Serius, Anda hanya perlu memainkan beberapa Blondie atau Talking Heads untuk menyelesaikan efeknya.

Baca juga artikel kami lainnya tentang : Game Assassin’s Creed Terburuk sampai Terbaik

ROG Phone 5 adalah ponsel gaming generasi keempat. ROG adalah singkatan dari Republic of Gamers. Dan tahun ini, Review Asus ROG Phone 5 menjatuhkannya dari taman. Ini bukan desain ulang besar-besaran, melainkan serangkaian perubahan signifikan yang membuat ponsel ini selangkah lebih dekat ke “ideal” yang telah dikejar Asus sejak 2018. Setiap peningkatan dari Gorilla Glass Victus di layar dan speaker yang diperbarui untuk memindahkan pendinginan elemen ke tengah ponsel dilakukan dengan tujuan membuat ponsel gaming terbaik.

Review Smartphone Gaming : Asus ROG Phone 5

Mungkin perubahan terbesar tahun ini adalah ada tiga ponsel ROG baru, bukan hanya satu. Ada ROG Phone 5 biasa dengan getaran punk tahun 80-an. Lalu ada ROG Phone 5 Pro yang dilengkapi dengan kipas yang dapat dilepas yang disebut AeroActive Cooler 5. Dan alih-alih logo yang menyala, Pro memiliki layar ROG Vision yang merupakan strip layar warna mini di bagian belakang untuk memamerkan grafis.

Ini dapat menampilkan peringatan dan animasi untuk panggilan masuk, saat baterai sedang diisi dan banyak lagi. Bahkan, Anda bahkan dapat membuat grafik kustom Anda sendiri untuk tampilan belakang. Ini adalah ledakan mutlak untuk digunakan dan batin saya yang berusia 9 tahun menyetujui.

Model ketiga adalah ROG Phone 5 Ultimate. Ini memiliki punggung putih matte yang dihiasi dengan garis rambut hitam dan aksen biru neon, yang semuanya mencuri hati saya begitu saya melihatnya. Seperti Pro, ada strip tampilan belakang, tetapi hitam dan putih.

Ultimate juga dilengkapi dengan AeroActive Cooler 5 tetapi yang benar-benar menjadikannya “ponsel terbaik” adalah RAM 18GB di bagian dalam. Laptop kerja baru saya hanya memiliki 16. Saat Anda menambahkan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 2.84GHz, Android 11, dan GPU yang kuat ke semua RAM itu, Anda mendapatkan ponsel Android paling kuat yang pernah kami uji.

Layar 144Hz dan masa pakai baterai terlama yang kami uji

Selama semua permainan ini, beberapa hal menonjol. Layarnya luar biasa. Anda dapat mengatur kecepatan refreshnya menjadi 144Hz, tetapi saya menemukan bahwa kecepatan refresh otomatis bekerja paling baik karena tidak menghabiskan baterai dengan cepat. Juga, ulasan ini keluar hanya beberapa minggu sebelum peluncuran ponsel gaming RedMagic 6 dengan layar 165Hz.

Daya tahan baterai pada Review Asus ROG Phone 5 luar biasa. Ini memiliki kapasitas 6.000 mAh dan terdiri dari dua baterai 3.000 mAh. Desain ini berarti Anda dapat mengisi daya dengan cepat dengan pengisi daya 65 watt. Setelah seharian menggunakan normal, saya biasanya memiliki sekitar 40% dari baterai yang tersisa.

Pengujian baterai pada ROG Phone 5 untuk pemutaran video berkelanjutan pada mode Pesawat mencatat waktu rata-rata 20 jam, 15 menit dan itu dengan layar terkunci pada 120Hz. Dengan kecepatan refresh layar yang disetel ke otomatis, waktu rata-ratanya adalah 28 jam, 4 menit. Waktu terlama untuk ponsel apa pun yang kami uji tahun ini dan waktu terlama kedua untuk ponsel apa pun dalam beberapa tahun terakhir (tepat di belakang LG V60).

ROG Phone 5 dengan cemerlang memungkinkan Anda mengontrol baterai dan beberapa cara berbeda. Anda dapat menetapkan batas berapa banyak daya baterai, memilih kecepatan pengisian lambat, dan bahkan menjadwalkan saat pengisian daya.

Salah satu fitur yang lebih keren adalah sesuatu yang juga kita lihat tahun lalu di Sony Xperia 5 II. Jika Anda bermain game dan terhubung ke daya, ROG Phone 5 akan berjalan dengan daya dari kabel alih-alih mengisi daya baterai. Ini mencegah ponsel menjadi lebih hangat yang dapat memengaruhi kinerja game.

ROG Phone 5 memiliki lebih banyak kontrol permainan sentuh

Ada begitu banyak cara untuk mengontrol dan berinteraksi dengan game yang Anda mainkan. AirTriggers, yang merupakan sensor sentuh yang terletak di sisi ponsel, bahkan lebih mudah digunakan tahun ini karena ukurannya lebih besar dan ujung-ke-ujungnya.

Jika Anda menggunakan versi Pro atau Ultimate, ada sensor tambahan di bagian belakang untuk input. Tambahkan AeroActive Cooler 5 ke telepon, dan Anda mendapatkan tambahan dua tombol dayung mini. Karena itu, saya perhatikan banyak game seluler memiliki kontrol yang sederhana. Tapi saya membayangkan memiliki lebih banyak opsi untuk pemetaan kontrol permainan akan menarik bagi orang-orang yang menyukai esports.

ROG Phone 5 berat dan kamera biasa-biasa saja

Tapi tidak semuanya menyenangkan dan bermain-main dengan Review Asus ROG Phone 5. Ada beberapa kekurangannya. Telepon ROG 5 berat. Beratnya lebih dari iPhone 12 Pro Max, Samsung Galaxy S21 Ultra dan ROG Phone 3 tahun lalu. ROG Phone 5 adalah ponsel terberat yang pernah saya uji. Dan setelah lama bermain game, Anda merasakan beban itu. Terlebih lagi saat Anda menambahkan kasing atau kipas atau aksesori gamepad.

Saya tahu ini adalah ponsel gaming tetapi saya berharap kameranya lebih baik. Di bagian belakang, ada kamera utama 64 megapiksel yang menggunakan pixel binning untuk meningkatkan kecerahan gambar dan mengurangi noise. Ada kamera ultrawide 13 megapiksel dan kamera makro 5 megapiksel.

Kamera utama mengambil beberapa foto yang layak dalam cahaya terang. Tetapi ketika Anda masuk ke situasi yang lebih redup seperti di dalam ruangan, kualitas gambar akan menurun. Jika gelap, ponsel otomatis masuk ke mode malam yang menghasilkan hasil biasa-biasa saja. Di bawah ini adalah tiga foto terbaik yang saya ambil dengan ROG Phone 5.

ROG mampu memotret hingga resolusi 8K pada 30 frame per detik, tetapi ceritanya sama seperti foto. Lihat video di bawah ini dari video yang saya rekam dengan ROG Phone 5. Saya berharap Asus memanfaatkan semua kekuatan yang dimilikinya mulai dari prosesor, RAM, dan GPU untuk membantu ponsel ROG mengambil foto yang lebih baik.

Belum ada harga AS untuk ROG Phone 5

Kelemahan lainnya adalah tidak ada ketahanan terhadap air atau debu. Untuk harga, sepertinya harus ada. Dan jika Anda bertanya-tanya tentang harga itu, itu berarti kami berdua. Saat ini, harga AS belum diumumkan. Jika kita menggunakan harga Eropa dan mengonversi ke dolar AS, ROG Phone 5 dasar akan menjadi $950 dan ROG Phone Ultimate akan berharga $1.540. (Lihat bagan di bawah untuk rincian lengkap konversi internasional.)

Hati-hati dengan konversi itu. Itu mungkin bukan harga AS yang sebenarnya — harga Eropa sudah termasuk pajak — jadi sulit untuk memberi nilai pada ponsel ini. Jika ROG Phone 5 dasar adalah $700 atau bahkan $800, itu akan menjadi nilai yang sangat baik.

Dan jika Ultimate seharga $1.200, saya tidak akan kesulitan merekomendasikannya kepada seseorang yang mencari ponsel gaming. Tapi sampai harga itu diumumkan, siapa tahu. Untuk alasan itu, saya menunda penilaian ulasan ini sampai harga AS diumumkan.

Review Asus ROG Phone 5 adalah salah satu ponsel paling kuat yang dapat Anda beli hari ini, tetapi semua kinerja itu tidak murah. Anda harus merogoh kocek lebih dari $1.000 untuk mendapatkannya, yang membuat daya tahan menjadi jauh lebih penting.

Asus tidak menahan diri untuk membuat desainnya sebesar dan setebal yang diperlukan agar sesuai dengan Snapdragon 888, RAM 16GB, dan baterai ganda 3.000mAh di setiap ujung telepon.

Video dari Zack di JerryRigSemuanya dimulai dengan cukup baik, dengan Gorilla Glass Victus dari ROG Phone 5 mengambil goresan yang diharapkan pada tingkat kekerasan Mohs 6. Tepi logam ponsel berhasil mengambil beberapa goresan tambahan dari pisau saku Zack, tetapi secara keseluruhan, sepertinya ponsel ini bertahan dari tantangan uji coba yang biasa seperti yang Anda harapkan.